Apa itu Propolis



Propolis adalah suatu zat yang berasal dari air liur lebah lebah madu dan berasal dari sari tumbuh-tumbuhan seperti aliran getah atau tunas pohon yang bercampur dengan bee pollen. Berupa senyawa kompleks yang biasanya terdiri dari 55% resin, 30% lilin lebah (beeswax), 10% minyak aromatik dan 5% bee pollen.

Kegunaan utama dari propolis untuk lebah adalah sebagai bahan untuk menambal sarang lebah madu yang telah rusak, dan berfungsi menjaga sarang lebah dari hama seperti bakteri, virus, jamur dan lain sebagainya. Propolis sangat berguna dalam menjaga sarang lebah agar tetap steril, menghentikan pertumbuhan dan penyebaran virus, bakteri dan jamur.

Dari arti katanya, Propolis sendiri berasal dari bahasa Yunani, Pro yang berarti "sebelum", dan Polis yang berarti "kota". Jadi maksud dari kata propolis itu sendiri adalah sebagai benteng pertahanan untuk lebah. Warna propolis sangat tergantung dari sumber makanan lebah madu itu sendiri, biasanya berwarna coklat, atau coklat kemerahan, dan juga bisa berwarna hijau.

Bangsa Asiria kuno sangat mempercayai bahwa propolis sangat manjur untuk mengobati penyakit kanker dan tumor, sedangkan bagi masyarakat Yunani banyak digunakan sebagai obat untuk mengatasi bisul. Dalam pengobatan tradisional ala bangsa Georgia, terdapat salep yang mengandung propolis untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Propolis digunakan pula untuk bayi yang baru lahir dengan dioleskan pada mainan-mainan nya. Propolis juga banyak digunakan untuk mengatasi kutil, digunnakan saat terjadi gangguan pernafasan, dan bahkan digunakan untuk membantu mengatasi luka bakar. Begitu banyak manfaat propolis yang dapat ditelusuri dari sifat antimikrobanya.


Informasi Lainnya :
Propolis, Solusi Obat Herbal